Tips Menyimpan Barang dalam Kabinet Dapur

Bookmark and Share
img
Enggan berlama-lama di dapur karena ruangan yang berantakan dan terkesan sempit? Mungkin sudah saatnya Anda menata kembali dapur Anda. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur penempatan barang-barang dalam kabinet.

Tips yang dikutip dari Ehow ini mungkin bisa membantu Anda mempermudah pengaturan dapur agar lebih rapih dan terorganisir dengan baik. Kegiatan di dapur pun jadi lebih nyaman.

1. Jika dapur Anda terdiri dari kitchen set dengan lebih dari satu kabinet, mulai dari satu kabinet paling ujung. Keluarkan semua isi dari kabinet tersebut.

2. Tentukan, apa saja yang akan Anda tempatkan dalam kabinet pertama. Apakah peralatan makan, peralatan memasak, makanan atau perlengkapan bersih-bersih? Anda harus mengelompokkan barang-barang dalam setiap kabinet. Misalnya, kabinet pertama khusus untuk barang pecah belah dan kabinet kedua untuk makanan.

3. Telitilah barang dan bahan makanan yang telah Anda keluarkan. Periksa apakah ada barang yang rusak dan retak, atau makanan yang sudah kadaluarsa. Sebaiknya segera singkirkan barang atau makanan yang sudah tak layak pakai untuk menghemat ruang.

4. Jika sudah menentukan kabinet akan digunakan untuk menyimpan apa, beri label keterangan pada pintu kabinet. Misalnya, bila dalam kabinet itu tersimpan makanan, tempelkan label bertuliskan 'Makanan'. Jangan taruh barang lain selain makanan pada kabinet tersebut. Begitu juga dengan kabinet lainnya. Anda harus menekankan kedisplinan pada diri sendiri juga anggota keluarga.

5. Atur bagian dalam kabinet Anda. Hanya tempatkan barang-barang yang penting dan sering digunakan. Penggorengan yang sudah berkarat, atau spatula yang gagangnya rusak sebaiknya tidak ditaruh dalam kabinet. Simpan saja di gudang atau sumbangkan ke tukang loak.

6. Untuk bumbu-bumbu dapur seperti garam, gula, merica, minyak atau kecap, simpan dulu dalam wadah kedap udara, baru susun dalam kabinet. Cara ini akan memudahkan Anda mencarinya saat akan memasak dibandingkan menyimpan langsung dalam kemasannya. Selain tidak enak dipandang, kemungkinan bumbu-bumbu juga akan tercecer dan membuat dapur terlihat kotor.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar