Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

Bookmark and Share
img
Berenang bisa menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan. Jika Anda memilih kolam renang umum sebagai destinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berenang di kolam renang umum.

Walau terlihat bersih, kolam renang umum bisa menularkan penyakit seperti flu, batuk, diare bahkan herpes. Berdasarkan laporan dari para peneliti di Universitas Yale dan Illinois, air kolam renang umum mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, pernapasan akut, herpes bahkan mutasi gen. Zat klorin yang biasanya digunakan untuk disinfektan air pun disebut-sebut sebagai penyebabnya.

Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Danone, ada empat hal yang perlu dilakukan agar waktu berenang Anda dan keluarga tetap aman dan terhindar dari penyakit. Ini dia.

1. Mandilah sebelum berenang
Mencuci tubuh Anda sebelum berenang memberikan manfaat baik bagi orang lain. Dengan mandi, Anda dapat menghilangkan residu pada kulit Anda, seperti pelembab. Hal ini dapat mengurangi kontaminasi kuman dalam air.

2. Jangan menelan air kolam renang
Para ahli mengatakan untuk tidak menelan air kolam, berapapun jumlahnya. Air kolam sering terkontaminasi dengan parasit seperti Giardia dan Cryptosporidium yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

3. Bawa handuk bersih sendiri
Pastikan Anda selalu membawa handuk bersih dan kering milik sendiri. Hindarimengenakannya bersama orang lain. Dan yang terpenting, jangan biarkan handuk Anda jatuh ke lantai.

4. Pakailah kacamata renang
Mengenakan kacamata renang dapat melindungi mata Anda dari klorin. Hal ini sangat penting bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki sensitivitas pada mata.

5. Rajin minum air putih
Para peneliti juga menyarankan agar sering-seringlah meminum air mineral saat berenang, karena Anda bisa terkena dehidrasi bila terlalu sering menghirup klorin.

6. Bersihkan diri setelah berenang
Jangan lupa untuk selalu membersihkan diri dengan benar sehabis berenang. Mandi dan keramas dapat menjauhkan Anda dari sisa-sisa zat kolam renang yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

(eya/hst) http://www.wolipop.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar