Mengatasi Keluarnya Asap Putih pada Motor 4 Tak

Bookmark and Share

Asap Motor
Keluarnya asap putih dari knalpot pada motor 4 tak menandakan kebocoran oli ke dalam ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh silinder atau kepala silinder.

1. Jika liner silinder tergores, lakukan oversize serta mengganti piston dan ring piston.
2. Jika piston dan ring piston aus, tetapi silinder bagus (tidak tergores), lakukan pengukuran clearence silinder normal antara 0,03-0,05.
3. Jika seal klep bocor (biasanya seal sudah keras), ganti dengan seal baru yang asli (original).
4. Jika klep bengkok atau bos klep longgar, gantilah dengan komponen baru.
5. Jika packing kepala silinder retak sehingga oli masuk ke dalam ruang bakar melalui saluran pelumasan, gantilah packing kepala silinder dengan yang baru.

Lakukan oversize bila silinder tergores atau cacat, dan ganti piston serta ring dengan diameter yang lebih besar. Seal klep harus selalu diganti apabila melakukan pembongkaran komponen kepala silinder.

Kepala silinder wajib diperiksa, misalnya mengecek kebocoran kompresi pada klep dengan menuangkan bensin ke kubahnya. Pemasangan ring piston harus dilakukan dengan mengikuti sudut pemasangan ring piston. Atau, pemasangan ujung ring pertama dan ring kedua sebaiknya dibuat berlawanan (lihat tampilan skema pemasangan ring piston).

Namun, Anda perlu waspada bahwa keluarnya asap putih juga bisa disebabkan oleh permukaan oli mesin terlalu tinggi atau volume oli mesin melebihi takaran.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar